Nutrisi Untuk Hidup Lebih Baik

kesehatan adalah hal yang penting, tapi lebih penting lagi adalah menjaganya, bagaimana caranya ? tentunya dengan pola hidup sehat. apa itu pola hidup sehat, yaitu pola hidup yang jauh dari faktor-faktor pengganggu kesehatan. secara garis besar pola itu dapat dibentuk dari edukasi. oleh karena itu edukasi terhadap pengetahuan tentang kesehatan adalah hal yang penting. seperti semboyan lama "lebih baik mencegah dari pada mengobati" !!!
makanan adalah faktor utama timbulnya masalah kesehatan, mengapa? karena makanan lah yang akan bersentuh langsung terhadap metabolisme tubuh kita, jika metabolisme terganggu apa yang terjadi? bayangkan tubuh anda adalah jalan raya, jika jalanya jelek atau lampu lalu lintas dan polisi nya tidak berkerja maksimal apa yang terjadi ??
oleh karena itu mulai saat ini belajarlah untuk lebih baik.
kesehatan itu adalah hal utama, untuk hidup lebih baik.

@agoeng_ky

Kamis, 22 Juli 2010

Kontroversi dan Persepsi Berbeda Menginterprestasi Tanda sampai Gejala Alergi Bayi & Anak Di Masyarakat

Gejala dan tanda alergi pada anak, sering disalahartikan penyebabnya oleh masyarakat. pendapat tersebut turun temurun terjadi didapatkan dari orang tua atau kakek dan nenek. dalam jangka panjang, gangguan tersebut ternyata dapat menjadi alat prediksi ke depan.



Persepsi berbeda dalam masyarakat dalam menyingkapi tanda dan gejala alergi, antara lain:


1. Dermatitis (merah di pipi), dianggap terkena (terciprat)air susu ibu(ASI). keluhan ini juga dialami orang tua, yaitu sering timbul jerawat diwajah, punggung atau dada atas.







2.Perioral Dermatitis(bintik merah disekitar mulut), dianggap sehabis makan lupa mebersihkan sisa makanan disekitar mulut, padahal sisa makanan tiap hari pasti ada, tetapi keluhan nini hilang timbul. ini juga dialami oleh orang tua, yaitu timbul semacam bintik kecil atau jerawat disekitar mulut.








3.Hipersekresi Bronkus (nafas bunyi grok-grok), dianggap karena dokter/bidan kurang bersih menyedot atau membersihkan cairan ketuban di mulut bayi saat lahir.







4. Diapers Dermatitis (merah di daerah popok) dianggap karena pemakaian popok (diapers. Padahal setiap hari memakai diapers, tetapi hanya saat tertentu timbul gejala.






5. sering muntah, dianggap lambung yang sempit, kecil atau stress. keluhan sering dibarengi dengan timbul mual, bayak gas diperut, sering sendawa atau bisa disebutkan gejala maag.



6. bintil merah dikulit berubah menjadi kehitaman atau dermatitis dikulit, dianggap karena digigit nyamuk atau darah manis, padahal anggota kaluarga dirumah tidak mengalaminya. atau dianggap karena debu, air keran urang bersih, udara panas atau keringat.



7. tanda lebam kebiruan ditulang kering kaki atau kadang daerah salah satu pipi, dianggap karena terbentur terbentur sesuatu saat anak bermain. pada kepercayaan yang ekstrim hal ini sering disebut oleh masyarakat seperti di jilat/ dicubit/ digigit setan (makhlus halus).



8. Gatal di bagian mata dan telinga, mereka menganggap ini hal biasa buat anak kecil, ada yang ga beranggapan mereka sedang mengantuk jika sedang menggaruk mata dan telinga.



9. tanda putih (seperti panu) dibagian punggung, mereka mengganggap ini karena terjadi sehabis beraktifitas di air seperti berenang, dll.



10. sering sariawan dan sulit buang air besar. padahal konsumsi sayur dan buah si anak bagus sesuai kebutuhan yang dianjurkan.



Langkah Bijak yang dapat dilakukan orang tua, antara lain:


1. melakukan tes alergi bagi bayi dan anak mereka yang dicurigai sakit karena alergi, apabila salah satu atau kedua orang tuanya juga menderita alergi.



2. melakukan avoding/ menghindari alergen penyebab timbulnya alergi, hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter ahli alergi.



3. selalu waspada dalam memberkan sesuatu pada anak anda, karena hal ini bisa berdampak pada sang buah hati dikemudian hari.



4. Hidup bersih dan sehat, ikuti anjuran program pemerintah tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)



secara umum alergi disebabkan oleh suatu alergen yaitu untuk lebih praktisnya adalah sesuatu yang menyebabkan alergi, jika seorang manusia mempunyai alergen terhadap sesuatu maka ia akan mengakibatkan peradangan atau gejala-gejala alergi yang lain pada tubuhnya. Misalnya ada seseorang yang mempunyai alergi pada debu, maka jika ia bersentuhan dengan debu maka ia akan mengalami reaksi alergi pada tubuhnya, bisa berbentuk gatal-gatal, bercak merah, bentol-bentol dll. contoh lain pada seseorang yang alergi makanan, sebagai contoh seseorang yang alergi terhadap ikan, jika ia mengkonsumsi sedikit saja bahan yang mengandung ikan maka ia akan mengalami gejala alergi tersebut.

menurut perkembangan ilmu yang telah ada, salah satu penyebab seseorang mempunyai sifat alergen terhadap sesuatu adalah dari saat ia masih dalam kandungan, atau masih dalam bentuk janin yang belum sempurna. para ahli mengatakan jikalau saat manusia dalam kandungan adalah saat dimana pembuatan sifat-sifat yang terjadi pada tubuhnya, apakah ia akan sangat pintar, ataukah ia akan mempunyai penyakit generatif misal asma, epilepsi dll atau ia malah ada seseorang yang sangat alergi terhadap sesuatu. hal ini akan berdampak pada sifat atau karakter yang terjadi pada tubuhnya. oleh karena perlu pemantuan yang sangat tinggi terhadap kesehatanya untuk para ibu hamil, sebab dari sanalah buah hati anda akan mendapatkan sesuatu yang paling mahal didunia ini, yaitu kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar